Jumat, 22 Februari 2013

Cara Cepat Mengatasi Rambut Kering


Meskipun beberapa orang terlahir dengan rambut yang cenderung kering, sebagian besar rambut kering tidak disebabkan oleh masalah organik atau genetik. Kebiasaan buruklah yang menjadi penyebabnya. Paparan rambut dengan zat kimia keras seperti pewarna rambut, klorin di kolam renang, dan air panas dapat membuat rambut kering. Demikian juga dengan bersampo terlalu sering dan menggunakan alat tata rambut sepertihot comb (sisir panas), hot roller (penggulung panas), dan hair dryer (pengering rambut). Bahkan terlalu banyak paparan sinar matahari dan angin pun dapat membuat rambut kering.
Tujuh tips berikut dapat membantu Anda mencegah dan memulihkan rambut kering:

  1. Jangan menyampo berlebihan. Bersampo berlebihan adalah penyebab umum rambut kering. Banyak orang mengira bahwa mereka perlu menyampo rambut setiap hari. Hal itu justru menghilangkan minyak alami rambut. Di sisi lain, Anda juga tidak boleh terlalu jarang menyampo. Gunakan sampo paling tidak setiap tiga hari sekali. Sampo yang lembut dapat merangsang kelenjar-kelenjar minyak rambut.
  2. Berlaku lembut terhadap rambut Anda. Rambut kering lebih mudah patah, pecah dan bercabang. Anda harus hati-hati merawatnya. Usahakan untuk mengeramas rambut Anda dengan lembut. Jangan menarik atau meregang rambut dengan gulungan-gulungan. Jangan menggosok kulit kepala dengan kuku-kuku jari. Selain dapat mematahkan rambut, hal itu dapat membuat kulit kepala teriritasi. Pijatlah rambut kepala Anda dengan ujung-ujung jari. Memijat kulit kepala akan merangsang kelenjar-kelenjar minyak rambut. Jangan menyisir rambut ketika rambut masih basah. Pilihlah sisir rambut yang lembut, terutama yang memiliki karet di ujung-ujung anak sisirnya.
  3. Gunakan sampo yang lembut. Rambut kering memerlukan sampo lembut dengan keasaman sedang (pH 4,5 sampai 6,7). Beberapa orang menyarankan untuk menggunakan sampo bayi. Namun, itu bukan saran yang tepat. Sampo bayi memiliki pH tinggi (basa/alkali) sehingga justru membuat rambut lebih kering.
  4. Gunakan kondisioner. Rambut kering memerlukan kondisioner. Gunakan kondisioner yang tidak mengandung alkohol karena alkohol mengeringkan rambut. Untuk rambut yang sangat kering, Anda perlu menggunakan body lotion. Gunakan body lotion sebagai kondisioner setelah Anda berkeramas sebelum tidur. Tutup kepala dengan shower cap selama Anda tidur dan bilas rambut sampai bersih di pagi hari.
  5. Gunakan mayones. Mayones adalah bahan lain yang sangat bagus untuk rambut kering. Keramaslah rambut Anda dengan sampo kemudian ambil mayones satu sendok makan. Terapkan secara merata ke rambut Anda. Bungkus rambut Anda dengan pembungkus plastik selama 20-30 menit. Lalu, keramas lagi dengan sampo sampai bersih.
  6. Gunakan telur. Pecahkan sebutir telur, campur dengan setengah cangkir air hangat. Aduk dengan baik. Terapkan ke rambut Anda secara merata. Bilas dengan air hangat sampai bersih. Anda tidak perlu menggunakan sampo lagi. Telur akan membersihkan kotoran di rambut Anda sekaligus meminyakinya, membuat rambut Anda berkilau.
  7. Hindari panas. Penggunaan hot roller dan hot comb membuat rambut Anda kering. Hot roller lebih parah dampaknya karena meregang rambut saat panas menyusutkannya. Hot comb juga meregang rambut dan membuat rambut terpapar panas dalam waktu lama. Anda boleh menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Setel hair dryer dalam panas kecil dan jangan menarik atau meregang rambut saat terpapar panas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar